Google

Friday, February 08, 2008

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Biro Arsitek


Banjir besar yang terjadi awal bulan ini telah menggelamkan sebagian besar wilayah Jakarta. Wilayah tetangga, seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor juga terkena banjir.

Para ahli mengatakan, banjir besar tersebut merupakan siklus lima tahunan. Jika tidak segera diantisipasi, lima tahun ke depan sangat mungkin banjir besar akan terjadi lagi, dan bahkan mungkin akan lebih besar.

Bagaimanapun banjir mendatangkan problem tersendiri, khususnya bagi orang yang terkena. Rumah dan barang perabotan yang terendam air, apalagi selama beberapa hari, tentu rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman penyakit yang muncul pascabanjir.

Yang rumahnya terendam banjir membutuhkan waktu beberapa hari untuk membersihkankan. Lumpur yang tebal dan kotoran lainnya yang menumpuk di dalam rumah harus segera disingkirkan. Furnitur dan perabot rumah lainnya yang kebanjiran juga harus segera dibersihkan.

Membersihkan rumah pascabanjir membutuhkan kehati-hatian, terutama kotoran yang bisa menyebarkan bibit penyakit. Selain itu, perlengkapan untuk membersihkan rumah juga perlu diperhatikan agar bersih-bersih rumah berlangsung dengan baik dan lancar.

Untuk membersihkan rumah pascabanjir ada sejumlah tips berikut ini.

1. Untuk menghindari terjadinya korsleting, sebaiknya aliran listrik dipadamkan terlebih dahulu. Sebab benda-benda yang basah terkena air banjir bisa mengalirkan aliran listrik dan bisa berakibat fatal bagi keselamatan.
2. Pakailah sarung tangan, masker, dan sepatu bot agar kita terhindar dari penyakit. Kotoran, lumpur, dan air yang masuk ke dalam rumah mengandung banyak kuman penyakit.
Selain melengkapi diri dengan alat-alat tersebut, sebaiknya juga menghindari kontak langsung dengan barang-barang yang terkena banjir untuk mencegah masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh.

3. Agar udara segar masuk ke dalam rumah semua ventilasi dan lubang udara sebaiknya dibuka. Biarkan udara pengap dan berbau dalam rumah mengalir ke luar dan digantikan dengan udara baru yang lebih segar. Udara yang masuk juga bisa mencegah timbulnya jamur.

4. Membersihkan sofa dan karpet yang terkena banjir membutuhkan perhatian khusus. Jika memungkinkan, kita bisa menggunakan jasa binatu profesional. Jika tidak, sofa dan karpet harus dilakukan secara hati-hati agar rusak.

5. Semprotkan cairan pembersih kuman (desinfektan) ke seluruh ruangan dalam rumah agar kuman penyakit tidak berkembang biak. Selain itu, cairan desinfektan juga bisa mencegah tumbuhnya jamur.

Membersihkan rumah pascabanjir memang membutuhkan kerja keras. Namun hal itu harus dilakukan secara hati-hati demi keamanan dan keselamatan kita, khususnya dari serangan penyakit.

(jar/dari berbagai sumber )

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments: