Google

Sunday, March 02, 2008

Agar Senyaman Kamar Hotel Berbintang

Agar Senyaman Kamar Hotel Berbintang

Jangan asal memilih perabot. Salah pilih, bisa-bisa kamar Anda terasa sumpek dan berantakan. Sayang sekali, kan?


Tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menikmati kenyamanan kamar di hotel berbintang. Ya, karena Anda bisa menciptakannya sendiri. Hadirkan kenyamanan ala hotel berbintang itu dengan cara mendesain dan menata ruang tidur Anda sebaik mungkin. Bagaimana caranya?

Sejatinya, tidak sulit menciptakan 'kamar hotel' di rumah kita. ''Kuncinya, kamar harus didesain terlebih dahulu sebelum memasukkan perabotan ke dalamnya,'' kata desainer interior, Rani Anggraeni. Setelah itu, barulah memilih furnitur dan aneka perlengkapan lain yang sesuai.

Untuk furnitur, pilih furnitur yang fungsional, nyaman, dan bergaya. Jadi, jangan asal memasukkan perabotan ke kamar. Hal itu bisa membuat kamar terlihat sumpek, sempit, dan berantakan. Memilih tempat tidur misalnya, jangan sekadar suka pada modelnya, tapi sesuaikan pula dengan ukuran kamar. Jangan hanya terpaku pada model juga berlaku ketika Anda memilih kasur.

Apalagi kasur merupakan perlengkapan paling penting di ruang tidur. Apalah artinya tempat tidur indah dan mahal, jika kasurnya tak mampu memberi kenyamanan pada Anda saat merebahkan badan. ''Yang penting, kasur harus bisa membuat si pemilik kamar beristirahat dengan nyaman.'' Penulis buku Ide Unik Dekorasi Interior ini menambahkan, lengkapi tempat tidur dengan bed cover, seprai, dan sarung bantal dari bahan lembut dan halus. Pilih warna yang sesuai dengan warna dinding.

Letakkan meja kecil di sisi kiri dan kanan tempat tidur. Fungsinya untuk meletakkan lampu. Di sudut ruangan, tempatkan kursi santai plus meja kecil untuk menulis atau sekadar menaruh secangkir teh. Malam hari ketika Anda belum mengantuk, kursi santai ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk membaca buku.

Suka menonton televisi? Tak ada salahnya menghadirkan peranti elektronik ini di ruang tidur Anda. ''Keberadaan televisi di kamar bukan sesuatu yang mengganggu asal peletakannya sesuai,'' kata Rani. Televisi bisa diletakkan di meja. Televisi layar datar dan amat tipis (LCD TV) yang sedang 'in' saat ini boleh Anda pilih. Selain tidak makan tempat, desain televisi mutakhir ini juga keren. Tampilan kamar tidur Anda pun menjadi lebih elegan karena kehadirannya.

Pencahayaan
Pencahayaan bisa menambah dimensi dan kesan drama pada sebuah ruang. Tak terkecuali pada ruang peraduan Anda. Rani, lulusan Fakultas Arsitektur Universitas Indonesia, menekankan, pencahayaan di kamar jangan hanya bersumber dari satu titik, melainkan dari berbagai titik. Ada lampu baca di sisi kiri dan kanan tempat tidur, ada pula lampu di sudut ruangan dan area tempat duduk. Pencahayaan di berbagai titik ini membuat ruangan terasa berimbang, hangat, dan nyaman.

Untuk menambah kesan mewah dan hangat, pasang lampu bercahaya kuning. Sementara cahaya lampu putih lebih cocok untuk kamar tidur berkonsep minimalis. Boleh juga menghadirkan cahaya warna-warni yang lembut. Cahaya ini menumbuhkan kesan futuristik pada kamar tidur Anda. Mana yang Anda pilih? Tentu pilih yang sesuai dengan tema dan nuansa yang ingin Anda hadirkan di ruang tidur.

Bagaimana dengan warna dinding? ''Ini tergantung pada selera si penghuni,'' tutur Rani. Namun, karena kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat, sebaiknya pilih warna-warna teduh dan alami. Hanya saja, ada kalanya orang menggemari warna yang gelap, atau sebaliknya mencolok (ngejreng). Boleh-boleh saja membalurkan warna-warna itu, asalkan tidak diaplikasikan secara merata ke seluruh ruangan. Jadi, tampilkan saja warna gelap atau mencolok tadi sebagai aksen di salah satu bagian kamar. Di hotel, kamar biasanya tampil dengan satu warna untuk menumbuhkan kesan sunyi dan tenang.

Seperti halnya dinding, lantai pun disarankan menggunakan warna-warna lembut. Hindari melapisi permukaan lantai dengan karpet. Sebab, karpet akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Namun, pada ruang tidur yang cukup luas, karpet tebal nan lembut bisa dihamparkan di sudut ruangan di bawah tempat duduk.

Jendela
Jangan sepelekan jendela kamar. Dari jendela inilah, cahaya matahari bisa menerangi kamar Anda di siang hari. Dari jendela ini pula, Anda bisa melepas pandangan ke luar kamar. Selain fungsinya yang penting ini, jendela memiliki nilai estetika yang tinggi bagi ruang tidur Anda. Penampilan jendela yang cantik, tentu menambah cantik pula ruang pribadi Anda ini.

Agar terlihat lebih cantik, hiasi jendela dengan tirai yang menarik. ''Pilih tirai jendela yang senada dengan warna dinding dan sesuai pula dengan tema kamar tidur yang Anda inginkan, apakah tema klasik atau modern,'' saran Rani.

Untuk tampilan yang mewah, Anda bisa memilih tirai dari bahan sutera, linen, atau rami. Di hotel berkelas, tirai biasanya dibuat dari bahan yang tebal untuk memberi kegelapan total ketika tirai ditutup.

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan jika menginginkan kamar seindah dan senyaman hotel berbintang adalah aksesori. Tapi ingat, pemberian aksesori jangan terlalu ramai. ''Aksesori yang kelewat ramai membuat ruangan terlihat padat,'' tutur ibu dua anak ini.

Rani pun memberi contoh. Letakkan vas transparan berisi bunga segar di atas meja kecil di sisi tempat tidur. Kehadiran bunga akan menimbulkan kesan fresh dan natural. Punya koleksi foto pribadi dan keluarga? Coba tata seapik mungkin di atas meja. Dan agar dinding tidak terkesan kosong, hias dengan lukisan berukuran sedang.

Dengan tatanan kamar tidur yang 'wah' seperti ini, rasanya Anda bakal makin betah berada di kamar. Ya, karena kamar tidur Anda telah senyaman kamar hotel berbintang.

Jasa Desain Interior Rumah

No comments: